Header Ads

Breaking News
recent

BENDUNGAN


  1. Pondasi dan dinding-bahu harus dibuat dari batuan yang berkualitas baik dan dapat menahan tegangan-tegangan yang diperkirakan akan terjadi (statis maupun dinamis).
  2. Massa pondasi harus dapat menahan tegangan-geser dan tifak menunjukkan penurunan diferensial, sebaiknya keadaan geologi dari lahan pembangunan menunjukkan keseragaman.
  3. Material batuan didalam massa tanah harus dapat bertahan terhadap pelapukan, gejala pembekuan, gejala pelarutan, dan erosi.
  4. Batuan di tempat pembangunan harus kedap air.
  5. Sifat-sifat teknis-geologis dari batuan di sekelilingnya sebaiknya sesuai untuk pembangunan berbagai fasilitas seperti saluran pelimpah terowongan pelbagai pusat pembangkit tenaga, dan sebagainya.
Berbagai gaya yang dapat bekerja terhadap sebuah bendungan adalah :

Jenis - Jenis Bendungan
Bendungan dapat terbentuk secara alami atau buatan. Bendungan dapat diklasifikasikan berdasarkan ukuran, tujuan, bahan dan strukturnya.

a. Berdasarkan ukuran
Berdasarkan ukurannya bendungan diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu bendungan minor dengan ketinggian 15 – 20 m dan bendungan mayor dengan ketinggian 150 – 250 m.

b. Berdasarkan tujuan dibangunnya Bendungan
Tujuan dibangun bendungan mencakup penyediaan air untuk irigasi,meningkatkan navigasi, pembangkit listrik, mencegah banjir dll. Beberapa bendungan melayani semua tujuan ini tetapi beberapa bendungan serbaguna melayani lebih dari satu.Berdasarkan tujuan dari pembuatan bendungan, bendungan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :




  • Embankment Dam, adalah bendungan yang mengandalkan berat sendiri bendungan untuk melawan tekanan air. Bendungan ini terbuat dari berbagai komposisi dari urugan tanah, pasir, tanah liat dan atau batuan. Meskipun struktur pembentuknya seperti itu, bendungan ini cukup padat dan kedap air pada bagian inti bendungan.Distribusi beban pada bendungan ini yaitu air yang menekan dinding bendungan ditahan oleh berat sendiri bendungan lalu didistribusikan ke dalam tanah untuk mencegah struktur bendungan terguling. Oleh karena itu, bendungan ini dibuat lebar pada bagian bawahnya.

  • Tidak ada komentar:

    Agung Mustiko. Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.