TULANGAN GESER PADA SLOOF
Gaya geser umumnya tidak bekerja sendiri, tetapi terjadi bersamaan
dengan gaya lentur/momen, torsi atau normal/aksial. Dari percobaan yang
telah dilakukan diketahui bahwa keruntuhan akibat gaya geser bersifat
brittle/getas atau tidak bersifat daktail/liat, sehingga keruntuhannya
terjadi secara tiba-tiba. Hal ini karena kekuatan menahan geser lebih
banyak dari kuat tarik dan tekan beton dibandingkan oleh tulangan
gesernya. Pada struktur beton yang menahan momen maka keruntuhannya bisa
diatur apakah akan bersifat daktail atau tidak, tergantung pada jumlah
tulangan yang dipakai.
Besar gaya geser pada balok atau kolom, umumnya bervariasi sepanjang
bentang, sehingga banyaknya tulangan geser pun bervariasi sepanjang
bentang.
Retak-retak ini bila tidak ditahan dengan tulangan akan
mengakibatkan keruntuhan, mengingat sifat beton yang tidak mampu menahan
gaya tarik.
Retak akibat lentur ditahan dengan tulangan lentur atau tulangan
longitudinal atau memanjang karena letak retak yang terletak vertikal ke
atas. Sedangkan retak akibat geser ditahan oleh tulangan geser.
Tulangan untuk menahan gaya geser biasa dinamakan tulangan geser
atau tulangan sengkang atau tulangan stirrup. Tulangan geser diperlukan
untuk menahan gaya tarik arah tegak lurus dari retak yang diakibatkan
oleh gaya geser. Ada berbagai macam cara untuk pemasangan tulangan geser
yaitu :
- Tulangan geser vertikal
- Tulangan geser miring / diagonal
- Tulangan geser spiral
- Tulangan lentur yang dibengkokkan
Retak geser terletak secara diagonal pada badan balok sehingga
perletakan tulangan geser yang paling efektif adalah tulangan geser
miring / diagonal tegak lurus arah retak, sehingga tulangan hanya
menahan gaya tarik saja dari gaya retak tersebut, tetapi tentunya dengan
cara ini akan memakan biaya yang besar dan pemasangan yang lebih sulit.
Demikian juga dengan tulangan geser spiral meskipun efektif dalam
menahan gaya geser tapi sulit pemasangan pemasangannya dan sekaligus
lebih mahal.Dalam hal ini yang paling disukai dan paling banyak dipakai dalam perencanaan struktur adalah tulangan geser vertikal.
Pada perencanan tulangan geser dengan desain ultimit bahan maka
gaya geser yang terjadi akan ditahan oleh dua bahan/material yaitu beton
dan baja dengan cara dihitung dulu kekuatan atau kapasitas beton dalam
menahan gaya geser yang terjadi kemudian sisanya akan dilimpahkan ke
baja.
PROSEDUR PERHITUNGAN TULANGAN GESER1. Gaya geser/shear/transversal pada struktur beton
Menghitung gaya geser terfaktor Vu pada sepanjang bentang. Besar Vu adalah sebagai berikut (bila tidak ada beban gempa):
Vu = 1,2 VD + 1,6 VLKeterangan :
VD = gaya geser akibat beban mati
VL = gaya geser akibat beban hidup
Dengan diagram gaya geser tersebut dibagi beberapa segmen/bagian sehingga tulangan geser yang dipakai dapat lebih efektif.
Dari tumpuan ke jarak d dari diagram geser di atas dapat
diabaikan karena sejauh d dari tumpuan gaya geser yang terjadi tidak
efektif mengakibatkan kerusakan pada struktur (khususnya balok).
2. Menghitung kekuatan beton menahan geser VcHarga Vc berdasar jenis struktur, yaitu sebagai berikut :
Keterangan :
Vc = kemampuan beton menahan geser (N)
f’c = kuat tekan beton (MPa)
ρw = rasio tulangan pada web = As/bwd
Vu = beban geser terfaktor (N)
Mu = beban momen terfaktor (Nmm)
bw = lebar balok (mm)
d = tinggi balok efektif (mm)
Mengingat harga-harga Vu, Mu dan ρw bervariasi sepanjang bentang sehingga akan menyulitkan untuk menghitungnya, maka persamaan di atas disederhanakan dengan persamaan sebagai berikut :
Vc = kemampuan beton menahan geser (N)
f’c = kuat tekan beton (MPa)
ρw = rasio tulangan pada web = As/bwd
Vu = beban geser terfaktor (N)
Mu = beban momen terfaktor (Nmm)
bw = lebar balok (mm)
d = tinggi balok efektif (mm)
Mengingat harga-harga Vu, Mu dan ρw bervariasi sepanjang bentang sehingga akan menyulitkan untuk menghitungnya, maka persamaan di atas disederhanakan dengan persamaan sebagai berikut :
Dalam perencanaan/desain ultimit maka kekuatan beton dalam menahan
gaya geser ini harus dikalikan dengan faktor reduksi sebesar 0,75.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar