BETON PRACETAK
Industrualisasi dalam konstruksi bangunan adalah perkembangan
alamiah sebagaimana juga telah menimpa pada industri yang lain. Justru
lebih lambat ketimbang yang lain karena lebih besarnya rintangan yang
dihadapi dalam industri bangunan, yang tidak sekedar bersifat Fashionable trend
(kecenderungan mode mutakhir), tetapi juga berkaitan dengan pernyataan
nilai yang menuntut : Perubahan sikap mental dan pikiran baru dari
sebagain ahli bangunan.
Selama ini orang merasa terikat kepada rumah yang harus di hargai secara individual, maka tentu saja orang akan merasakan sesuatu yang lain ketika tiba-tiba akomodasi tempat tinggal :
Selama ini orang merasa terikat kepada rumah yang harus di hargai secara individual, maka tentu saja orang akan merasakan sesuatu yang lain ketika tiba-tiba akomodasi tempat tinggal :
- Disediakan dalam bentuk blok-blok atau flat-flat yang bukan bangunan sebagaimana biasanya.
- Bangunan tidak didesain secara khusus sebagaimana permintaan penggunanya secara individu.
- Bangunan didirikan dalam bentuk produk yang telah selesai tanpa ada kesempatan intervensi lagi dari pemakainya.
- Bangunan di desain dengan penampilan yang serupa atau bahkan sama.
- Perangkat bangunan yang langsung jadi jika ingin mendesain dan membangun secara individu.
- Dengan pilihan yang sangat terbatas.
Industri bangunan mestinya juga membuat progress; penggunaan crane
dan mesin-mesin lain tetapi dengan cara yang lebih luas. Ketertinggalan
dalam industri bangunan dikembangkan dengan cara industrialisasi yang
terotomastisasi dalam seluruh prosesnya sejak persiapan dan moulding
(pembuatan percetakan), casting (percetakan), concreting (pengecoran),
prestressing (penegangan), storage (penyimpanan), transportation
(pengangkutan), erection (pendirian), lifting (pengangkatan) dan
handling (penanganan).
Prefabrication (prefabrikasi) adalah industrialisasi metode
konstruksi di mana komponen-komponennya diproduksi secara massal dirakit
(assemble) dalam bangunan dengan bantuan crane dan alat-alat pengangkat
dan penanganan yang lain.
Prefabricated Structural Components (Komponen Struktur Prefabrikasi)
dibuat dari beton melalui precast units/precast numbers atau precast
elements (unit cetakan) tergantung pada alternative penggunaannya,
percetakan dikontrol dengan baik diberi waktu untuk pengerasan dan
mencapai kekuatan tertentu yang diinginkan sebelum diangkat dan dibawa
menuju tapak kontruksi sesungguhnya untuk pembangunan. Metode konstruksi
yang dibuat dengan menggunakan komponen prefabrikasi secara kolektif
disebut sebagai ‘prefabricated contruction (konstruksi prefabrikasi).
Konstruksi Prefabrikasi dapat berupa sector aktifitas bangunan utamanya :
industrial architecture (Arsitektur industri), General Engineering
(Rekayasa struktur secara umum) dan Civil Engineering.
Precast Struktural Components ( komponen Struktur Pracetak),
alternatifnya dibuat untuk bangunan pada site tertentu. Kecenderungan
ini mengarah pada pabrik pembuat komponen.
Problem Material
Kebutuhan ideal yang harus dipenuhi dalam teknik konstruksi bangunan dengan sistem konstruksi prefabrikasi :
- Kemampuan pembuatan melalui metode mekanis (beban bawaan dan komponen yang tertutup).
- Kemungkinan sambungan dan koneksi struktural yang layak dan memungkinkan untuk dibuat dengan cara yang paling sederhana.
- Secara simultan kemungkinan untuk pelaksanaan fungsinya akibat beban bawaan dan lketerbatasan ruang geraknya.
Hal yang paling penting adalah bahwa material harus memiliki kualifikasi sebagai berikut :
- Mengisolasi panas, tahan air dan anti pembusukan.
- Anti api dan dapat dicetak secara volumetric.
- Dapat dipaku dan digergaji sehingga memungkinkan untuk perubahan.
- Tidak banyak membutuhkan pemeliharaan (maintenance).
- Memiliki kekuatan yang tinggi.
Keuntungan dan Permasalahan Konstruksi Prefabrikasi
Beberapa keuntungan konstruksi prefabrikasi dalam industri bangunan adalah :
- Waktu konstruksi yang lebih cepat, sejak pekerjaan struktur di tapak, konstruksi pondasi dan pendirian komponen prefabrikasi.
- Jumlah material yang dibutuhkan tidak berkurang
- Produksi unit precast dalam skala luas menjadikan lebih praktis untuk menggunakan mesin dan karenanya kebutuhan jumlah pekerja yang terlalu banyak dapat diatasi
- Pengurangan kebutuhan tenaga kerja manusia dan menuntut memiliki keahlian yang lebih
- Kualitas yang dihasilkan lebih baik sebagai hasil proses pabrik yang selalu di bawah pengawasan yang ketat dan tetap, penggunaan mesin dan lingkungan kerja yang rapi
- Pekerjaan konstruksi dapat dilaksanakan tanpa tergantung pada kondisi cuaca
Permasalahan dalam konstruksi prefabrikasi adalah :
- Transportasi komponen dari pabrik ke proyek
- Kesulitan dalam penanganan di lapangan khususnya dalam erection (pendirian), lifting (pengangkatan) dan connecting (penyambungan pada saat finalisasi konstruksi)
- Pelaksanan yang demikian berarti ada tambahan biaya dan problem teknis.
Sejarah Perkembangan Sistem Pracetak
Beton adalah material konstruksi yang banyak dipakai di Indonesia,
jika dibandingkan dengan material lain seperti kayu dan baja. Hal ini
bisa dimaklumi, karena bahan-bahan pembentukannya mudah terdapat di
Indonesia, cukup awet, mudah dibentuk dan harganya relatif terjangkau.
Ada beberapa aspek yang dapat menjadi perhatian dalan sistem beton
konvensional, antara lain waktu pelaksanaan yang lama dan kurang bersih,
kontrol kualitas yang sulit ditingkatkan serta bahan-bahan dasar
cetakan dari kayu dan triplek yang semakin lama semakin mahal dan
langka.
Sistem beton pracetak adalah metode konstruksi yang mampu menjawab
kebutuhan di era millennium baru ini. Pada dasarnya sistem ini melakukan
pengecoran komponen di tempat khusus di permukaan tanah (fabrikasi),
lalu dibawa ke lokasi (transportasi ) untuk disusun menjadi suatu
struktur utuh (ereksi). Keunggulan sistem ini, antara lain mutu yang
terjamin, produksi cepat dan massal, pembangunan yang cepat, ramah
lingkungan dan rapi dengan kualitas produk yang baik. Perbandingan
kualitatif antara struktur kayu, baja serta beton konvensional dan
pracetak dapat dilihat pada tabel dibawah ini
Sistem pracetak telah banyak diaplikasikan di Indonesia, baik yang
sistem dikembangkan di dalam negeri maupun yang didatangkan dari luar
negeri. Sistem pracetak yang berbentuk komponen, seperti tiang pancang,
balok jembatan, kolom plat pantai. Permasalahan mendasar dalam
perkembangan sistem pracetak di Indonesia saat ini adalah :
- Sistem ini relatif baru
- Kurang tersosialisasikan jenisnya, produk dan kemampuan sistem pracetak yang telah ada
- Serta kendala sambungan antar komponen untuk sistem pracetak terhadap beban gempa yang selalu menjadi kenyataan
- Belum adanya pedoman resmi mengenai tata cara analisis, perencanaan serta tingkat kendala khusus untuk sistem pracetak yang dapat dijadikan pedoman bagi pelaku konstruksi.
Perkembangan Sistem Pracetak Di Dunia
Sistem pracetak jaman modern berkembang mula-mula di Negara Eropa.
Struktur pracetak pertama kali digunakan adalah sebagai balok beton
precetak untuk Casino di Biarritz, yang dibangun oleh kontraktor
Coignet, Paris 1891. Pondasi beton bertulang diperkenalkan oleh sebuah
perusahaan Jerman, Wayss & Freytag di Hamburg dan mulai digunakan
tahun 1906. Th 1912 beberapa bangunan bertingkat menggunakan sistem
pracetak berbentuk komponen-komponen, seperti dinding, kolom dan lantai
diperkenalkan oleh John.E.Conzelmann.
Struktur komponen pracetak beton bertulang juga diperkenalkan di
Jerman oleh Philip Holzmann AG, Dyckerhoff & Widmann G Wayss &
Freytag KG, Prteussag, Loser dll. Sistem pracetak tahan gempa dipelopori
pengembangannya di Selandia Baru. Amerika dan Jepang yang dikenal
sebagai negara maju di dunia, ternyata baru melakukan penelitian
intensif tentangt sistem pracetak tahan gempa pada tahun 1991. Dengan
membuat program penelitian bersama yang dinamakan PRESS ( Precast
seismic Structure System).
Perkembangan Sistem Pracetak Di Indonesia
Indonesia telah mengenal sistem pracetak yang berbentuk komponen,
seperti tiang pancang, balok jembatan, kolom dan plat lantai sejak tahun
1970an. Sistem pracetak semakin berkembang dengan ditandai munculnya
berbagai inovasi seperti Sistem Column Slab (1996), Sistem L-Shape Wall
(1996), Sistem All Load Bearing Wall (1997), Sistem Beam Column Slab
(1998), Sistem Jasubakim (1999), Sistem Bresphaka (1999) dan siste4m
T-Cap (2000).
Permasalahan Umum Pada Pengembangan Sistem Beton Pracetak
Ada tiga masalah utama dalam pengembangan sistem pracetak :
- Kendala sambungan antar komponen
- Belum adanya suatu pedoman perencanaan khusus untuk sistem struktur pracetak
- Kerjasama dengan perencana di bidang lain yang terkait, terutama dengan pihak arsitektur dan mekanikal/elektrikal/plumbing.
Sistem Pracetak Beton
Pada pembangunan struktur dengan bahan beton dikenal 3 (tiga) metode
pembangunan yang umum dilakukan, yaitu sistem konvensional, sistem
formwork dan sistem pracetak.
Sistem konversional adalah metode yang menggunakan bahan tradisional
kayu dan triplek sebagai formwork dan perancah, serta pengecoran beton
di tempat. Sistem formwork sudah melangkah lebih maju dari sistem
konversional dengan digunakannya sistem formwork dan perancah dari bahan
metal. Sistem formwork yang telah masuk di Indonesia, antara lain
sistem Outinord dan Mivan. sistem Outinord menggunakan bahan baja
sedangkan sistem Mivan menggunakan bahan alumunium.
Pada sistem pracetak, seluruh komponen bangunan dapat difabrikasi
lalu dipasang di lapangan. Proses pembuatan komponen dapat dilakukan
dengan kontol kualitas yang baik.
Metode Pelaksanaan Beton Pracetak
Beton pracetak adalah beton yang dicetak di beberapa lokasi (baik
yang di cetak di lingkungan maupun di pabrik-pabrik). Menurut SKSNI
T-15-1991-03 beton pracetak adalah komponen beton yang dicor di tempat
yang bukan merupakan posisi akhir dalam suatu struktur. Kekuatan beton
yang dipakai sekitar 4000 sampai 6000 psi dan dengan kekuatan lebih
tinggi. Beton cor di tempat memerlukan lebih banyak bekisting dan
minimal dalam pemakaian ulang maksimal 10 kali, sedang untuk beton
pracetak bekisting kayu atau fiber glass bisa di pakai sampai 50 kali
dengan sedikit perbaikan.
advertisements
Pengangkutan elemen pracetak tersebut akan dipasang minimal harus mempertimbangkan sebagai berikut :
- Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi.
- Jadwal pemasangan elemen pracetak sesuai jadwal rencana.
- Alternatif jalan lain yang dilewati seandainya ada satu jalan terjadi hambatan.
- Daya tampung lokasi proyek dalam menerima pengiriman elemen pracetak.
- Kemampuan crane dalam mengangkat elemen pracetak.
Dalam pemasangan elemen pracetak ke lokasi posisi terakhirnya,beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :
- Site Plan
- Peralatan
- Siklus Pemasangan
- Tenaga Kerja
Site Plan
Site Plan yang ada maka akan dapat diperoleh hal-hal sebagai berikut :
- Dapat menempatkan posisi crane di lokasi proyek sehingga dapat difungsikan semaksimal dalam elemen-elemen pracetak ke posisi terakhirnya.
- Dapat direncanakan tempat penumpukan elemen pracetak yang memudahkan pengaturannya.
Peralatan
Dalam penggunaan elemen pracetak,menjadi pertimbangan adalah :
- Beberapa crane yang diperlukan dalam suatu proyek agar dapat digunakan semaksimal mungkin .
- Berapa radius perputaran crane.
- Peralatan pembantu serta jumlah kebutuhan guna mendukung siklus pemasangan elemen pracetak seperti truk,dan lain sebagainya.
Siklus Pemasangan
Secara garis besar siklus pemasangan dari elemen pracetak dapat dijabarkan sebagai berikut :
- Pengecoran elemen poer
- Pemasangan elemen balok
- Pemasangan elemen pelat
- Pengecoran over topping
Beberapa tipe elemen pracetak adalah
- POER PRECAST
- BALOK PRECAST
- HALF SLAB PRECAST
- PLANK FENDER PRECAST
- DOLPHIN
- KANSTEEN PRECAST
Tidak ada komentar:
Posting Komentar