Header Ads

Breaking News
recent

MENGENAL BAHAYA KEBAKARAN

Kebakaran banyak mengakibatkan kerugian-kerugian pada manusia. Bahkan tidak jarang sering mengambil korban jiwa. Dalam beberapa kasus sering ditemukan bahwa korban meninggal bukan hanya disebabkan karna terbakar, namun juga keracunan gas atau kekurangan oksigen.

Untuk menghindari hal-hal tersebut kita perlu mengenali bahaya-bahaya dalam kondisi kebakaran agar kita dapat lebih waspada dan tau serta bisa mengambil tindakan ketika terjadi kebakaran.

Bahaya Yang Akan Terjadi Pada Saat Kebakaran;

Panas:
- Akibatnya tubuh akan letih
- Gangguan pada pernafasan

Asap : 

- Mengakibatkan sesak nafas
- Kadar oksigen menurun

Gas Beracun : 

- Cedera pada kulit, mata
- Mengakibatkan kematian


Untuk menghindari Bahaya Panas Dan Asap
  1. Gunakan baju/ jacket tahan panas 
  2. Gunakan masker dilengkapi dengan alat pelindung pernafasan, apabila tidak terdapat/ditemukan masker, gunakan kain yang dibasahi air dan ikatkan menutupi rongga pernafasan (mulut dan hidung).
  3. Merayap pada saat evakuasi (Udara panas umumnya berada pada posisi tinggi, secara teori udara panas akan naik dan selalu berada diatas udara yang lebih dingin. maka dengan mengambil posisi merendah kita bisa menghindari/mengurangi efek panas)
Ruangan Terkurung (Confined Space) 

Adalah Suatu tempat / daerah yang fasilitas jalan keluarnya sangat terbatas, sehingga mengakibatkan terakumulasinya gas-gas beracun/ berkurangnya kadar Oksigen 
Cara menghindarinya : Sebelum memasuki ruangan pelajari dengan seksama denah lokasi ruangan

Bahaya Pada Ruangan Yang Terkurung
Kadar oksigen (O2) akan menurun disekitar udara yang bertemperatur tinggi 
Tubuh menjadi letih, lemas dan mengakibatkan pingsan. 

Pada Saat Terperangkap

Cara untuk keluar dalam Keadaan terperangkap yaitu : Dengan cara melakukan meraba – raba dinding dan menggunakan punggung tangan dengan menggeserkan kaki.

Backdraft
Pada Kebakaran di ruangan tertutup, kobaran api meredup dan nyala api terhenti (pembakaran tak sempurna) 
Keluarnya gas-gas mudah menyala 
Kadar oksigen berkurang 
Bila oksigen masuk terjadi penyalaan serentak & ledakan (Backdraft). 



Ciri-ciri yang sering ditemui pada ruangan yang berpotensi backdraft yaitu,
Api diruangan telah padam, udara keluar dan masuk seolah seperti ada nafas melalui celah ruangan tersebut. Biasanya bila terdapat asap asap keluar lalu masuk kembali seperti terhisap. Hal tersebut menandakan ruangan tersebut dalam keadaan kurang oksigen karna oksigen yang telah habis oleh proses pembakaran sehingga api padam, namun panas dalam ruangan tersebut masih tersisa sehingga apabila pintu atau jendela tersebut dibuka dan oksigen masuk dalam jumlah besar akan terjadi pembakaran serentak yang menghasilkan ledakan yang cukup besar (Backdraft). backdraft ini juga sering terjadi lebih dari satu kali, jadi apabila terjadi backdraft tunggulah beberapa saat dan pastikan tidak ada backdraft susulan sebelum memasuki ruangan tersebut. Berikutnya sebelum memasuki ruangan yang tertutup usahakan membuka pintu dari samping/sebelah dinding, jangan menghadap langsung ke ruangan atau didepan pintu agar jika terjadi backdraft kita selamat karna berada di balik tembok. 


Tidak ada komentar:

Agung Mustiko. Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.